Sinar Infra Merah Gelombang Jauh (Far Infra Red)

Sinar Infra Merah Gelombang Jauh (Far Infra Red)

Sinar infra merah merupakan salah satu bukti nyata akan kekuasan Tuhan yang Maha menciptakan segala sesuatu. Berkat berbagai manfaat dari sinar infra merah, kebutuhan manusia pada akhirnya dapat terpenuhi dengan baik.

Setiap tata surya memiliki bintang sebagai pusatnya. Dimana planet-planet akan mengitari bola raksasa yang menjadi sumber cahayanya itu. Pun termasuk dengan bumi yang juga berpusat kepada matahari.

Dengan adanya matahari, segala wujud kehidupan yang ada di dunia ini dapat berjalan dengan sempurna sesuai dengan ketentuan-Nya. Mulai dari tumbuhnya tanam-tanaman hingga tercukupinya keperluan manusia dalam menjalani kehidupan.

Pembagian Sinar

Jenis-jenis Sinar
Sumber: Pixabay

Jika dilihat dari sisi kenampakannya, maka sinar dapat dikategorikan menjadi dua kelompok besar, yakni sinar tampak, serta sinar tidak tampak.

Sinar tampak sudah cukup kita kenali sekalipun selama ini belum menyadarinya. Ia merupakan warna-warna pelangi yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.

Sedangkan sinar tidak tampak merupakan jenis sinar yang juga dipancarkan oleh matahari, namun tidak bisa kita lihat dengan mata secara langsung. Sinar tersebut meliputi sinar X, sinar UV, serta sinar infra merah.

Apa Itu Sinar Infra Merah?

Sederhananya, sinar infra merah merupakan jenis sinar yang panjang gelombangnya lebih panjang dari warna-warna tampak (warna pelangi), akan tetapi masih lebih pendek dari radiasi gelombang radio.

Sinar infra merah memiliki beberapa karakteristik, di antaranya adalah tidak bisa dilihat oleh mata telanjang secara langsung, tidak mampu menembus benda yang tidak tembus pandang, dapat dihasilkan dari benda penghasil panas, dan panjang gelombangnya berbanding terbalik dengan suhu.

Jenis Sinar Infra Merah

Jika dibagi berdasarkan panjang gelombangnya, maka sinar infra merah dapat dibagi menjadi 3 jenis. Ketiga jenis sinar infra merah antara lain ialah sinar infra merah gelombang pendek, sinar infra merah gelombang sedang, dan sinar infra merah gelombang jauh (F.I.R).

Merujuk kepada Wikipedia, berikut ini pembagian sinar infra merah secara lebih mendetil:

  • Sinar infra merah gelombang pendek: 0.75 sampai 1.5 µm.
  • Sinar infra merah gelombang sedang: 1.5 sampai 10 µm.
  • Sinar infra merah gelombang jauh: 10 sampai 100 µm.

Sinar Infra Merah Gelombang Jauh

Sinar infra merah gelombang jauh sering pula disebut dengan istilah Far Infra Red atau yang biasa disingkat F.I.R. Sinar infra merah jenis ini juga dijuluki sebagai “Bio Ray” yang berarti sinar kehidupan.

Memang betul bahwa jenis sinar ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Hal itu dikarenakan sinar yang bergelombang antara 6 sampai 14 µm terletak pada kategori sinar infra merah gelombang jauh.

Sinar infra merah gelombang jauh jugalah yang disematkan dalam produk-produk MGI yang kami jual di sini. Produk-produk MGI juga dimaksimalkan dengan memanfaatkan teknologi nano, ion negatif, dan lain sebagainya sehingga mampu menjadi produk paling unggul saat ini.

Manfaat Sinar Infra Merah Gelombang Jauh

Dalam suatu percobaan, ketika sinar infra merah gelombang jauh dipancarkan ke air, didapatkanlah suatu hasil yang menakjubkan. Sinar infra merah gelombang jauh ini mampu memecah molekul air menjadi lebih kecil, sehingga membuatnya jauh lebih aktif dari sebelumnya.

Begitupun dalam tubuh manusia yang memiliki kandungan air cukup banyak. Saat sinar infra merah gelombang jauh ini mengenai darah, enzim, hingga cairan dalam sel tubuh, maka itu semua menjadi lebih aktif dalam pertumbuhan maupun regenerasinya.

Itulah alasan mengapa sinar infra merah gelombang jauh dapat membantu regenerasi sel menjadi lebih baik, aliran darah semakin lancar, serta manfaat-manfaat hebat lainnya.

Beberapa manfaat dari sinar infra merah gelombang jauh antara lain sebagai berikut:

  • Molekul-molekul air yang terdapat pada tubuh manusia menjadi semakin aktif.
  • Memperlancar aliran darah.
  • Metabolisme tubuh meningkat.
  • Ph dalam tubuh juga meningkat.
  • Sinar infra merah gelombang jauh sering digunakan dalam berbagai alat kesehatan, termasuk produk-produk MGI.

***

Sekian pembahasan singkat mengenai sinar infra merah, khususnya sinar infra merah gelombang jauh. Semoga artikel kali ini dapat dipahami dan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *