Teknologi Nano

Teknologi Nano

MGI menawarkan berbagai macam produk yang sangat inovatif dan solutif dalam berbagai masalah. Itu semua tak luput dari pemanfaatan teknologi nano yang mulai berkembang di zaman ini.

Bagi kebanyakan orang, teknologi nano mungkin masih sangat asing dan jarang didengar, apalagi memahami pengertian serta tujuan pemanfaatannya. Berikut pembahasan singkat mengenai teknologi nano.

Pengertian Nanoteknologi atau Teknologi Nano

Pengertian Teknologi Nano
Sumber: Dolcelou.com

Nanoteknologi atau teknologi nano merupakan sebuah inovasi teknologi yang sedang dikembangkan saat ini. Teknologi ini memanipulasi materi pada tingkatan skala molekular dan skala atomik.

Pengertian mengenai nanoteknologi pada awal mulanya dikarenakan terpengaruh oleh tujuan dari penggunaan teknologi ini yang memanipulasi atom maupun molekul guna menciptakan produk-produk inovasi teknologi.

Atom memiliki ukuran diameter yang kisarannya antara 62 pikometer hingga 520 pikometer. Molekul kemudian terbentuk dari penggabungan beberapa atom dengan kisaran ukuran nano.

Kini, teknologi nano masih berada dalam fase pertumbuhannya dan terus dikembangkan demi menemukan titik kesempurnaan. Entah kapan dan entah apa yang dapat dihasilkan dari perkembangannya dalam beberapa tahun ke depan.

Namun, para ilmuwan serta peneliti merasa sangat optimis akan kedahsyatan dari teknologi ini. Mereka percaya, teknologi nano akan membawa dampat besar yang positif dalam kehidupan manusia, termasuk dalam dunia kesehatan.

Teknologi Nano juga sudah mulai dimanfaatkan dalam berbagai bidang sains. Mulai dari biomedis, barang-barang elektronik, IT, kosmetik, obat-obatan, optik, magnetik, termasuk pula produk-produk MGI.

Aplikasi dari Teknologi Nano

Teknologi nano merupakan gebrakan menuju masa depan. Mungkin jika sudah tiba saatnya nanti, banyak hal yang berkaitan dengan kebutuhan manusia akan menggunakan teknologi ini. Beberapa pengaplikasian teknologi nano antara lain sebagai berikut:

#1. Teknologi Nano Dalam Pengobatan Medis

Molekul-molekul yang berukuran dalam skala nano memiliki banyak fungsi dan manfaat. Teknologi nano memiliki kemampuan untuk mendeteksi adanya sel kanker serta mampu mengantarkan obat langsung ke sel yang membutuhkannya.

Teknologi nano juga berguna dalam mengoptimalkan penggunaan obat-obatan dan kosmetika yang ada saat ini. Faktor-faktor yang mengakibatkan kurang optimalnya obat medis saat ini dapat diatasi dengan teknologi ini.

#2. Teknologi Nano Dalam Kosmetika

Teknologi nano juga sangat membantu dalam dunia kosmetika dan obat-obatan. Teknologi ini dapat meningkatkan efektifitas kosmetika dan obat-obatan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Misalnya seperti penggunaan liposom pada formula kosmetika dan obat-obatan.

Liposom sendiri merupakan vesikel dengan bentuk spheris. Liposom memiliki membran yang terdiri dari 2 lapisan fosfolipid guna mengantarkan materi genetik atau obat-obatan ke dalam sel.

#3. Teknologi Nano Dalam Perawatan

Emas yang menggunakan partikel nano dapat digunakan saat tes kehamilan, silver dapat digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi, TiO3 serta SiO2 dapat dimanfaatkan sebagai UV cut, juga apatite dapat dimanfaatkan sebagai campuran dalam pasta gigi.

Manfaat Teknologi Nano dalam Bidang Kesehatan

Melihat pada pengaplikasiannya, teknologi tentu akan membawa perubahan besar dalam dunia kesehatan. Itu semua tak lain berkat keunggulan dari teknologi ini yang mengoptimalkan banyak hal dari teknologi yang sebelumnya telah ada.

Menggunakan teknologi nano, tercipta pula sebuah mesin yang sangat membantu di bidang kesehatan, yakni mesin nano. Mesin nano akan disuntikan ke dalam tubuh untuk memperbaiki kerusakan organ maupun jaringan pada tubuh manusia.

Begitu pun bagi penderita tekanan darah tinggi. Mereka yang biasanya terus mengkonsumsi obat atau disuntik, dengan teknologi nano kini cukup disemprotkan saja ke bagian-bagian tubuh tertentu yang membutuhkannya.

Dengan adanya teknologi nano, para ahli dapat merekayasa obat-obatan medis agar dapat tepat dalam mengenai sasarannya dan dengan dosis yang tepat pula. Serta potensi dalam mengatasi berbagai penyakit berat seperti HIV, tumor, kanker, dan lainnya akan semakin mudah.

***

Kesimpulannya, teknologi nano merupakan terobosan positif dalam dunia modern. Harapannya, dengan adanya teknologi nano ini, berbagai aspek kehidupan dan kebutuhan dapat terpenuhi dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *